Wednesday, February 22, 2017

Cara Membuat Blog Gratis

Sebenarnya ada banyak cara membuat blog gratis, mengingat ada banyak blogging platform (tempat membuat blog) yang mengijinkan kita untuk membuat blog gratis. Bahkan, di Indonesia sendiri ada beberapa blogging platform seperti DagDigDug dan BlogDetik yang menurut saya tidak terlalu bagus. Sementara itu, ada dua penyedia layanan blog gratis yang amat terkenal saat ini, yakni Blogger.com dan WordPress.com, juga telah memiliki tampilan berbahasa Indonesia yang memudahkan kita semua untuk membuat blog.
Meskipun blog yang akan anda buat nantinya gratis, anda sebaiknya tidak terlalu terburu- buru dalam memilih blogging platform. Beberapa blogging platform tidak memiliki fitur yang dimiliki oleh blogging platform lainnya. Misalnya saja, WordPress.com tidak memiliki fitur untuk meletakkan kode Javascript yang artinya anda tak dapat memonetisasi blog anda dengan iklan seperti Adsense, sementara beberapa blogging platform lokal amat kurang dari segi kestabilitasan server dan jika anda membuat blog di sana, hampir dapat dipastikan bahwa blog anda akan ikut hilang seiring dengan menghilangnya penyedia layanan blog gratis lokal tersebut.
Tutorial cara membuat blog gratis tentu saja akan sangat berbeda untuk tiap blogging platform, untuk itu anda perlu tahu mana blogging platform yang ingin anda pilih. Untuk mempermudah anda memilih blogging platform yang cocok, yuk kita amati keunggulan dan kelemahan dari tiap blogging platform yang ada.

WordPress.com
WordPress merupakan salah satu ‘mesin’ pembuat blog terbaik. Sangat mudah untuk menulis, menambahkan gambar, meletakkan video, dan memiliki WYSIWYG editor default (menu peng- edit teks) yang sangat lengkap untuk ukuran sebuah layanan penyedia blog.
Tampilan yang dimiliki juga sangat user- friendly, ada panduan awal untuk menuliskan post pertama anda, dan banyak lagi yang memudahkan blogger pemula untuk memulai menciptakan blognya. Ketika saya berbicara tampilan, WordPress juga menyediakan banyak theme/template yang cantik untuk blog anda. Jadi… anda tak perlu khawatir mengenai tampilan blog anda.
Nantinya anda akan memiliki subdomain .wordpress.com sebagai domain anda adan anda dapat mengubahnya menjadi TLD domain kapanpun dengan membayar upgrade sebesar $18.
WordPress memiliki kapasitas 3 GB space, dimana anda bisa meletakkan gambar maupun beberapa dokumen yang diijinkan secara gratis (anda perlu meng- upgrade layanan anda untuk memperbesar space dan jika anda ingin meletakkan file musik atau video). Layanan lain adalah statistik data web anda, penyaring komentar spam, dan banyak lagi.
Satu- satunya kelemahan penyedia layanan blog ini adalah karena anda tidak diijinkan untuk meletakkan javascript. Artinya, anda tidak akan dapat mendapatkan uang dari iklan yang diletakkan di blog anda. Umumnya penyedia jasa periklanan seperti Adsense membutuhkan anda untuk meletakkan kode mereka yang ada dalam bentuk javascript untuk menampilkan iklan di blog anda. Namun, anda masih punya keleluasaan untuk menjual produk orang lain sebagai affiliate (makelar) di blog WordPress anda

Blogger.com
Blogger merupakan penyedia layanan blog gratis favorit saya. Sama seperti WordPress, anda mendapatkan blog gratis dengan subdomain dari blogspot.com. Blogger juga menyediakan ruang sebesar 2 GB di Picasa untuk gambar anda.
Penyedia layanan blog gratis ini memiliki beberapa keunggulan dibanding pesaingnya, WordPress.com. Yakni anda memiliki keleluasaan penuh atas theme anda (dapat dimodifikasi sesuka anda) dan blogger terintegrasi
Secara langsung dengan Adsense. Platform ini juga memiliki statistik data web yang tak kalah baik dibanding WordPress, dan secara keseluruhan memberikan lebih banyak keleluasaan.

No comments:

Post a Comment